fbpx
Praktisi dan Pengusaha Digital Marketing Optimis 2023 Dipenuhi Peluang dan Tantangan

Praktisi dan Pengusaha Digital Marketing Optimis 2023 Dipenuhi Peluang dan Tantangan

Dua tahun sudah Indonesia serta dunia dihantui oleh pandemi Covid-19 yang banyak mengubah berbagai hal. Keluar dari jeratan Covid-19, sejak tahun 2022 kuartal empat, Indonesia kembali diisukan akan mengalami masa sulit pada tahun 2023. Kondisi ekonomi yang masih dalam proses pembangunan ditambahkan kondisi peperangan di beberapa negara menjadi beberapa faktor yang dapat menyebabkan Indonesia akan mengalami resesi pada tahun 2023 bahkan diprediksi akan gelap.

Namun, menanggapi isu tersebut Pengusaha dan Praktisi Digital Marketing tetap optimis bahwa tahun 2023 akan tetap baik dan memiliki banyak peluang. Direktur Candramwa Digital Syaeful Bahri menyampaikan bahwa pada tahun 2023 Indonesia tetap harus optimis bisa lebih baik secara ekonomi, pembangunan dan bisnis. 

Hal tersebut ia sampaikan dalam Marketing Digital yang diselenggarakan BeliveInc. Direktur Syaeful menyampaikan, bahwa pernyataan tersebut bukan tanpa sebab, sudah banyak hasil riset dari berbagai lembaga yang menyatakan ekonomi Indonesia akan tetap tangguh pada tahun 2023. 

“Kenapa? Karena kita sudah diuji saat Covid, ga tanggung-tanggung, selama tiga tahun. Dan 2023 ini ujian lagi. Memang, secara isu menyebabkan orang banyak saving money, tapi justru seharusnya kita tetap spending agar perputaran uang tetap stabil,” kata Direktur Syaeful dalam Webinar Marketing BeliveInc, Minggu (15/1/2023). 

Syaeful juga menambahkan bahwa peluang bisnis juga masih akan tetap bagus, karena kebutuhan manusia harus tetap terpenuhi. Namun, dirinya juga menyampaikan bahwa ada beberapa subsektor yang diprediksi akan lesu seperti ekspor furniture, alas kaki dan beberapa produk ekspor lainnya yang pasarnya ke Amerika Serikat dan Amerika Latin.

“Untuk itu, bila Anda mau membangun bisnis, utamakan sudah menentukan pasar yang jelas, memenuhi keinginan dan kebutuhan. Jangan sebut pasar Anda adalah semua orang, itu bahaya. Dan yang paling penting, membangun bisnis harus Tanggung Jawab, Inisiatif dan Antisipatif,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, praktisi digital marketing yang sudah bergelut selama 13 tahun dan dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar Lingga Wastu menjelaskan bahwa Tren Digital pada tahun 2023 ini akan terus ada seperti tren-tren sebelumnya. Menariknya, belajar dari tren-tren sebelumnya, respon masyarakat bisa jadi positif atau negatif, namun hanya Brand yang responsif dapat memanfaatkan peluang tersebut. 

“Setiap tren bisa berdampak kepada brand, hanya bagaimana kita berperan dan meresponnya saja. Tren dalgona misalnya, itu bisa dimanfaatkan oleh Nescafe yang menjadi bahan Kopi Dalgona yang sempat viral dan kini sudah ada di berbagai coffee shop,” kata Lingga Wastu.

Meskipun demikian, Praktisi Digital Marketing yang juga Managing Director BeliveInc ini mengingatkan bahwa setiap pasar ada kanalnya. Beberapa tahun terakhir ini berbeda dengan 10 tahun terakhir yang mana pilihan media sosialnya cukup terbatas, namun saat ini kita disajikan pilihan media sosial yang beragam dengan pasar yang berbeda-beda juga.

“Saya sepakat dengan Syaeful Bahri bahwa semua brand harus mengetahui pasarnya, dan di dalam dunia digital marketing penentuan pasar berpengaruh dalam memilih media dan cara berkomunikasi. Saat ini ada banyak pilihan, saran saya, instagram tetap digunakan sebagai visual branding atau katalog, facebook untuk membangun komunitas, twitter untuk membangun story melalui thread dan tik-tok atau e-commerce lainnya dapat digunakan untuk berjualan. Saat ini digital marketing tidak hanya berkutat di awareness namun juga bisa sampai transaksi,” jelas Lingga.

Dalam menjalankan usaha menggunakan Digital Marketing, Lingga juga mengingatkan seluruh peserta webinar untuk tepat dalam memilih key opinion leader atau influencer.

“Kita perlu treking dulu mereka itu siapa? Ada kerja sama apa dengan brand selama beberapa bulan terakhir. Siapa pasarnya dan bagaimana cara mereka berkomunikasi. Jangan salah dan dibutakan oleh angka follower,” jelasnya.

Terakhir, Lingga menjelaskan bahwa BeliveInc merupakan Traning Center Digital Marketing dan Business yang siap berkolaborasi bersama instansi, pemerintah, BUMN hingga startup untuk tumbuh dan berkembang bersama.

Manfaat perkembangan teknologi media sosial untuk masyarakat Dan terpopuler di indonesia

Manfaat perkembangan teknologi media sosial untuk masyarakat Dan terpopuler di indonesia

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari hari,dulu mengirim kabar cuma dengan menggunakan surat, tetapi berbeda dengan sekarang, kini bisa mengirim pesan kapan dan di mana saja dengan menggunakan media sosial untuk sebagai perantaranya.

Saat ini sosial media sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, tidak hanya sebagai sumber hiburan tetapi juga sangat bermanfaat di industri pendidikan dan juga sebagai media strategi marketing di berbagai perusahaan besar dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) jejaring aplikasi media sosial yang digunakan masyarakat banyak jenisnya dan terpopuler khususnya di Indonesia di antaranya Instagram,facebook,twitter,youtube,whatsapp,dan masih banyak lagi jenisnya.

5 Media sosial yang paling popular di Indonesia 

Selain akan memudahkan interaksi sosial media juga memiliki manfaat untuk kehidupan sehari hari dan ada beberapa yang sudah popular di Indonesia, di antaranya:

  • Instagram

Instagram merupakan media yang paling digemari oleh masyarakat saat ini terutama kaum muda, pasalnya aplikasi yang berbasis iOS,Android dan windows ini bisa digunakan untuk bermacam macam fungsi seperti mengedit, memposting foto dan berbagai keperluan marketing lainya yang berada di halaman utama instagram dan jejaring sosial lainya.

  • Facebook

Facebook memiliki banyak fungsi yang beraneka ragam untuk penggunanya seperti berbagai foto, video maupun kegiatan lainnya karena dilengkapi banyak fitur didalamnya. facebook bisa juga dibuat menjadi akun bisnis seperti membuat fanpage pada facebook untuk keperluan bisnis dan penanganan sosial media biar lebih professional.

  • Youtube

Youtube berdiri sejak 2005 yang didirikan di california, yang merupakan sebuat situs web yang berbasis video, berbagai video bisa di upload melalui youtube, mulai dari video pelajaran, edukasi,film pendek, trailer dan masih banyak lagi, kalau untuk sistem marketing para pebisnis bisa unggah video seperti company profil dan jenis produk yang ditawarkan,berbagai fitur terus di kembangkan yang bertujuan untuk memberi kenyamanan pada pengunjung youtube.

  • Whatsapp

Whatsapp merupakan jenis media sosial yang instan, bisa di akses melalui smartphone maupun laptop, aplikasi ini tidak menggunakan pulsa seperti mengirim pesan melalui SMS tetapi menggunakan data internet,whatsapp tidak cuma mengirim pesan berupa tulisan tetapi bisa mengirim pesan berupa foto maupun video. Dan berbagai fitur yang dapat dipilih jika menggunakan whatsapp.

  • Twitter

Twitter merupakan jejaring media sosial yang microblogging, banyak sekali pengguna twitter saat ini lebih dari 500 juta pengguna dan bersaing dengan pengguna facebook dan berbagai fitur yang ada di twitter salah satunya adalah direct massage(DM), yaitu berfungsi untuk komunikasi pribadi atau dua arah, pihak pengirim pesan hanya bisa mengirim pesan ke pihak yang sudah memfollow dirinya.

Itulah beberapa sosial media yang paling sering digunakan dan termasuk terpopuler di Indonesia.tidak hanya sebagai sumber hiburan tetapi juga sangat bermanfaat di industri pendidikan dan juga sebagai media strategi marketing di berbagai perusahaan.Apapun media sosial yang anda gunakan, lebih baik selalu gunakan dengan bijak. Semoga bermanfaat.

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis UMKM

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis UMKM

Sosial media berperan penting dalam kehidupan di masa sekarang. Sebab, memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan kerabat, mendapatkan informasi melalui internet, memperluas relasi dengan banyak orang, hingga mengekspresikan dirinya. Media sosial juga digunakan sebagai sarana promosi sebuah bisnis, seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,  (UMKM).

Lantas, Apa Manfaat Menggunakan Media Sosial Untuk Sebuah Bisnis ?

Selain untuk sarana berinteraksi, nyatanya sosial media juga dapat digunakan untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah bisnis. Melalui jejaring sosial, pelaku bisnis dapat mempromosikan produk atau jasa tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, penjual dapat berinteraksi langsung dengan konsumen.

Bebas Biaya Promosi 

Strategi pemasaran melalui media sosial cukup efektif untuk menekan biaya anggaran. Anda hanya perlu memposting konten bisnis dengan cara yang menarik. Misalnya, mempromosikan sebuah baju, Anda bisa langsung memberikan review melalui foto atau video. Melalui cara ini, pelaku usaha UMKM bisa meminimalkan biaya promosi, sehingga pendapatan bisa alokasikan untuk memutar modal atau hal yang lebih penting.

Efektif Menjalin Relasi Dengan Konsumen 

Manfaat media sosial lainnya adalah menjalin hubungan dengan para konsumen. Pelaku bisnis dapat langsung mengetahui apa yang dibutuhkan para konsumennya, baik saat membeli produknya atau memberikan sebuah keluhan yang bisa menjadi bahan evaluasi.

Dapat Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Sosial media sebagai wadah untuk menjangkau lebih banyak konsumen karena hampir semua orang pasti menggunakan jejaring sosial ini. Melalui media sosial, Anda bisa memperluas target pemasaran dengan memanfaatkan fitur lokasi dan hastag. Konsumen akan lebih mudah menemukan produk bisnis Anda. Manfaat tersebut sangat membantu pebisnis kecil tanpa harus mengeluarkan biaya promosi.

Kira-kira, Sosial Media Apa yang Cocok Untuk Bisnis UMKM ?

Biasanya, pelaku bisnis lebih cenderung memanfaatkan Facebook dan Instagram sebagai media promosinya. Kedua aplikasi ini termasuk sosial media paling populer. Hanya bermodal paket data saja, sudah bisa memasarkan puluhan produk atau layanan jasa dari bisnis Anda.

Meski begitu, Facebook dan Instagram memiliki kelebihannya masing-masing. Jika menggunakan aplikasi Facebook, Anda bisa berbagi teks, gambar, video, berbagi link berita, hingga melakukan siaran langsung.

Fitur live streaming sering dimanfaatkan para penjual untuk memperdagangkan produk mereka, sehingga konsumen bisa langsung melihat fisik dari barang tersebut. Anda juga dapat bergabung di grup atau komunitas bisnis, agar produk yang dijual semakin dikenal luas.

Selain menjadi tempat berinteraksi, Sosial media Instagram juga cocok digunakan sebagai wadah promosi usaha UMKM. Melalui Instagram, Anda bisa membagikan foto, video, story, hingga teks. Agar menarik minat konsumen, konten bisnis harus kreatif dan berinovasi. Sebab, pengguna Instagram cenderung didominasi oleh pengguna milenial. Keduanya sebagai aplikasi sosial media populer, sangat cocok dimanfaatkan sebagai sarana mempromosikan usaha UMKM dengan bebas biaya alias gratis.

Sudah Tahu Belum? Ini Dia 5 Jenis Sosial Media Terpopuler di Indonesia 

Sudah Tahu Belum? Ini Dia 5 Jenis Sosial Media Terpopuler di Indonesia 

Berbicara tentang sosial media atau medsos tentunya tidak lepas dari kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Sebab, hampir semua aspek kehidupan di era digital saat ini amat bergantung padanya, baik itu sebagai sarana informasi, komunikasi, maupun hiburan.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa medsos yang paling umum digunakan masyarakat dari berbagai kalangan. Beberapa sosial media terpopuler tersebut diantaranya :

  1. YouTube

Pada dasarnya YouTube merupakan situs video sharing atau situs untuk berbagi video. Namun seiring perkembangannya, pengguna Youtube juga dapat melakukan siaran langsung.

Interaksi dua arah antara pengunggah video dan audiens menjadi keunggulan YouTube yang tidak dimiliki televisi. Karenanya, YouTube perlahan menggeser peran televisi dalam menyajikan informasi sekaligus sarana hiburan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya portal berita serta public figure yang juga memiliki akun YouTube.

  1. WhatsApp

WhatsApp atau WA awalnya hanya merupakan situs untuk mengirim pesan teks singkat dari satu pengguna ke pengguna lain. Namun kini, WhatsApp berkembang menjadi sebuah aplikasi smartphone yang paling dibutuhkan.

Selain mengirim pesan, aplikasi sosial media ini juga memiliki fitur update status, berkirim gambar, suara, dokumen, bahkan bertelepon dan video call. WhatsApp juga memiliki fitur group chat yang memungkinkan banyak orang berkomunikasi secara langsung.

Hal ini membuat WhatsApp amat digemari dan perlahan mengganti peran telepon serta SMS.

  1. Instagram

Melalui Instagram, pengguna dapat mengunggah foto, poster, banner, brosur digital, hingga melakukan siaran langsung melalui IGTV. Karenanya, sosial media ini juga seringkali digunakan untuk keperluan promosi.

Instagram amat digemari terutama di kalangan kawula muda. Bahkan saking populernya, sampai-sampai kini muncul beberapa istilah yang umum ditemukan terkait instagram.

Sebut saja “selebgram” untuk orang yang memiliki banyak followers Instagram, serta “instagramable” untuk menyebut sebuah spot foto yang menarik.

  1. Facebook

Tua-tua keladi, mungkin itulah istilah yang cocok untuk menggambarkan Facebook. Medsos yang dibuat pada tahun 2004 ini masih tetap eksis hingga sekarang.

Fitur-fitur pada Facebook meliputi update status, berbagi foto, video, serta melakukan chatting. Usia medsos yang cukup tua membuat Facebook sering pula digunakan sebagai media reuni sosial, Facebook juga cukup populer di kalangan orang-orang tua.

Selain itu, seiring semakin bertambahnya pesaing, Facebook juga bertransformasi dengan menambahkan berbagai fitur mumpuni seperti live streaming, business manager, dan lain sebagainya.

  1. Twitter

Twitter merupakan konsep jejaring sosial microblogging. Artinya, pengguna dapat memposting pesan-pesan pendek untuk dibaca khalayak ramai.

Fitur yang menjadi andalan twitter yaitu tweet dan retweet. Lewat tweet, pengguna dapat memposting sebuah pesan singkat, dengan panjang maksimal 140 karakter saja. Pengguna lain yang telah mengikuti atau memfollow sang pengunggah tweet dapat meneruskan pesan tersebut lewat fitur retweet.

Demikian tadi pembahasan tentang beberapa sosial media yang paling digemari di Indonesia. Untuk mendapatkannya, cukup mengunduhnya lewat playstore atau mengunjungi situs resmi setiap medsos tersebut.

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis UMKM

Cara Memanfaatkan Sosial Media dalam Mengembangkan UMKM

Semakin maju dan berkembangnya era teknologi digital seperti saat ini menjadi salah satu peluang yang cukup baik bagi para pelaku usaha kecil dan menengah. Salah satu langkah pintar yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan.

Melalui sosial media, Anda akan dapat menjangkau para calon customer dengan sangat mudah. Hal ini dikarenakan hampir separuh dari penduduk Indonesia terbukti memiliki akun sosial media. Dan hal ini akan terus berkembang seiring dengan semakin maraknya masyarakat terhadap dunia digital.

Namun meski demikian, Anda harus tetap memiliki sebuah strategi dalam memasarkan bisnis dan usaha UMKM yang Anda miliki di media sosial tersebut. Ada beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan dalam melakukan promosi di sosial media, diantaranya adalah:

Memahami Target Konsumen  

Setiap bisnis yang dijalankan pasti memiliki target konsumennya masing-masing. Memahami target konsumen bagi seorang pebisnis merupakan hal yang sangat krusial. Hal ini bertujuan agar bisa menentukan strategi marketing apa yang akan diterapkan dalam melakukan pemasaran.

Konten-konten menarik apa saja yang harus dibuat dan dipasarkan agar mampu menarik para konsumen melalui sosial media tersebut, apakah harus memperbanyak konten video, foto, dan lain sebagainya.

Menentukan Platform Sosial Media yang Tepat 

Tidak semua sosial media tepat dan sesuai dengan bisnis dan target konsumen Anda. Maka dari itu, Anda harus bisa menentukan platform sosial media apa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan promosi yang akan dilakukan.

Memanfaatkan Elemen Visual 

Elemen visual seperti foto dan video akan membuat konten promosi lebih menarik. Dengan lebih banyak memanfaatkan elemen visual ini maka kemungkinan menarik calon customer akan semakin besar.

Hal ini karena daya tarik konten dengan bentuk elemen visual akan lebih banyak dilirik ketimbang konten yang hanya dalam bentuk tulisan saja. konten dalam bentuk teks biasanya akan banyak dilewatkan oleh para pengguna sosial media.

Tak lupa pula, untuk konten visual yang disajikan harus tepat serta mengandung nilai-nilai dan pesan yang ingin disampaikan dalam hal mempromosikan produk Anda. Sebisa mungkin sesuaikan konten promosi yang dibuat dengan karakter para target konsumen.

Berikan Kualitas Konten Yang Terbaik 

Mengutamakan kualitas dalam membuat konten sosial media merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Dalam hal ini, Anda harus mengupload konten-konten yang bermanfaat dan menarik. Jangan hanya memikirkan jumlah konten yang ingin diunggah, tapi Anda juga harus memikirkan kualitas dari konten tersebut.

Manfaatkan Tools 

Dalam hal ini, Tools bisa sangat membantu Anda dalam melakukan pemasaran. Dengan menggunakan tools, Anda akan mengetahui waktu yang paling tepat untuk mengupload konten, menganalisis para follower, serta membuat management medsos menjadi lebih teratur.

Ada banyak tools yang bisa Anda manfaatkan. Pilihlah tools yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan promosi Anda.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis UMKM melalui sosial media.

Sebaiknya jangan terlalu sering dalam melakukan promosi produk Anda melalui sosial media. Hal ini karena, jika terlalu sering melakukan promosi produk, maka  bisa jadi konten yang Anda unggah tersebut akan dianggap spam, tidak bermanfaat, dan bahkan terlalu membosankan.

× How can I help you?