fbpx

Semakin maju dan berkembangnya era teknologi digital seperti saat ini menjadi salah satu peluang yang cukup baik bagi para pelaku usaha kecil dan menengah. Salah satu langkah pintar yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan.

Melalui sosial media, Anda akan dapat menjangkau para calon customer dengan sangat mudah. Hal ini dikarenakan hampir separuh dari penduduk Indonesia terbukti memiliki akun sosial media. Dan hal ini akan terus berkembang seiring dengan semakin maraknya masyarakat terhadap dunia digital.

Namun meski demikian, Anda harus tetap memiliki sebuah strategi dalam memasarkan bisnis dan usaha UMKM yang Anda miliki di media sosial tersebut. Ada beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan dalam melakukan promosi di sosial media, diantaranya adalah:

Memahami Target Konsumen  

Setiap bisnis yang dijalankan pasti memiliki target konsumennya masing-masing. Memahami target konsumen bagi seorang pebisnis merupakan hal yang sangat krusial. Hal ini bertujuan agar bisa menentukan strategi marketing apa yang akan diterapkan dalam melakukan pemasaran.

Konten-konten menarik apa saja yang harus dibuat dan dipasarkan agar mampu menarik para konsumen melalui sosial media tersebut, apakah harus memperbanyak konten video, foto, dan lain sebagainya.

Menentukan Platform Sosial Media yang Tepat 

Tidak semua sosial media tepat dan sesuai dengan bisnis dan target konsumen Anda. Maka dari itu, Anda harus bisa menentukan platform sosial media apa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan promosi yang akan dilakukan.

Memanfaatkan Elemen Visual 

Elemen visual seperti foto dan video akan membuat konten promosi lebih menarik. Dengan lebih banyak memanfaatkan elemen visual ini maka kemungkinan menarik calon customer akan semakin besar.

Hal ini karena daya tarik konten dengan bentuk elemen visual akan lebih banyak dilirik ketimbang konten yang hanya dalam bentuk tulisan saja. konten dalam bentuk teks biasanya akan banyak dilewatkan oleh para pengguna sosial media.

Tak lupa pula, untuk konten visual yang disajikan harus tepat serta mengandung nilai-nilai dan pesan yang ingin disampaikan dalam hal mempromosikan produk Anda. Sebisa mungkin sesuaikan konten promosi yang dibuat dengan karakter para target konsumen.

Berikan Kualitas Konten Yang Terbaik 

Mengutamakan kualitas dalam membuat konten sosial media merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Dalam hal ini, Anda harus mengupload konten-konten yang bermanfaat dan menarik. Jangan hanya memikirkan jumlah konten yang ingin diunggah, tapi Anda juga harus memikirkan kualitas dari konten tersebut.

Manfaatkan Tools 

Dalam hal ini, Tools bisa sangat membantu Anda dalam melakukan pemasaran. Dengan menggunakan tools, Anda akan mengetahui waktu yang paling tepat untuk mengupload konten, menganalisis para follower, serta membuat management medsos menjadi lebih teratur.

Ada banyak tools yang bisa Anda manfaatkan. Pilihlah tools yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan promosi Anda.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis UMKM melalui sosial media.

Sebaiknya jangan terlalu sering dalam melakukan promosi produk Anda melalui sosial media. Hal ini karena, jika terlalu sering melakukan promosi produk, maka  bisa jadi konten yang Anda unggah tersebut akan dianggap spam, tidak bermanfaat, dan bahkan terlalu membosankan.

× How can I help you?