fbpx

Untuk seorang Content Creator, mencari ide konten yang segar dan menarik bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi untuk Content Creator Media Social yang setiap hari harus membuat konten. Awalnya sih mudah, tapi kok udah sebulan-dua bulan stuck juga yah? Tapi namanya juga Industri, tetep harus komitmen membuat ide-ide baru setiap harinya! Nih, aku kasih beberapa tips buat membantu kamu menemukan ide-ide konten:

  1. Mengenal Target Audiences
  2. Menggunakan Tools Pencari Ide
  3. Mengikuti Tren Industri
  4. Menjelajahi Platform Media Sosial
  5. Mencari Inspirasi Dari Kompetitor
  6. Mencari Feedback Dari Audiences
  7. Brainstorming
  8. Rework Dengan Format Konten Yang Berbeda

Mengenal Target Audiences

Wajib banget nih, pertama-tama, kamu perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa target audiens kamu. Pelajari minat, kebutuhan, dan masalah yang mereka hadapi. Ketika sudah mengenal siapa target audiences, kamu harus bisa menemukan apa yang mereka suka? Dan apa yang mereka butuhkan? Ini akan membantu kamu menghasilkan ide-ide yang relevan dan berharga bagi mereka.

Menggunakan Tools Pencari Ide

Ada berbagai tools yang dapat membantu kamu menemukan ide konten. Contohnya, kamu bisa menggunakan Google Trends, AnswerThePublic, atau BuzzSumo buat melihat tren terkini, pertanyaan yang sering diajukan, atau topik yang sedang populer.

Mengikuti Tren Industri

Tetaplah update dengan tren terbaru dalam industri kamu. Bacalah berita, ikuti blog dan media sosial yang relevan untuk mengetahui topik-topik yang sedang hangat diperbincangkan. Kamu dapat memberikan sudut pandang baru atau konten yang mendalam tentang tren tersebut.

Menjelajahi Platform Media Sosial

Telusuri platform media sosial yang digunakan oleh audiens kamu. Lihat apa yang mereka bagikan, ikuti hashtag yang relevan, dan lihat komentar atau pertanyaan yang muncul. Ini dapat memberikan wawasan tentang topik atau isu yang menarik buat audiens.

Mencari Inspirasi Dari Kompetitor

Jangan takut untuk melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor kamu. Analisis konten mereka yang sukses dan cari tahu apa yang menarik perhatian audiens mereka. Ini dapat memberikan gagasan tentang topik yang relevan dan cara menyampaikannya dengan cara yang unik.

Mencari Feedback dari Audiens

Gunakan saluran komunikasi kamu, seperti email, survei, atau media sosial, untuk mengumpulkan umpan balik dari audiens. Tanyakan tentang topik yang mereka ingin pelajari atau masalah yang ingin mereka selesaikan. Ini dapat memberikan ide-ide konten yang bermanfaat dan spesifik.

Brainstorming

Ajak tim atau rekan kerja untuk melakukan sesi brainstorming. Diskusikan topik-topik yang mungkin menarik bagi audiens dan cobalah untuk menghasilkan sebanyak mungkin ide. Jangan membatasi diri dan berikan ruang bagi kreativitas.

Rework Dengan Format Konten Yang Berbeda

Jika kamu merasa kehabisan ide, coba eksplorasi konten yang pernah kamu buat dan rework dengan format konten yang berbeda. Mengubah format dapat memberikan perspektif baru pada konte.

Selalu ingat untuk menguji dan melacak respons audiens terhadap konten yang kamu hasilkan. Jika ada jenis konten yang mendapatkan tanggapan yang baik, pertimbangkan untuk mengembangkannya lebih lanjut atau melanjutkan topik serupa.

 

× How can I help you?