fbpx

Sosial media berperan penting dalam kehidupan di masa sekarang. Sebab, memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan kerabat, mendapatkan informasi melalui internet, memperluas relasi dengan banyak orang, hingga mengekspresikan dirinya. Media sosial juga digunakan sebagai sarana promosi sebuah bisnis, seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,  (UMKM).

Lantas, Apa Manfaat Menggunakan Media Sosial Untuk Sebuah Bisnis ?

Selain untuk sarana berinteraksi, nyatanya sosial media juga dapat digunakan untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah bisnis. Melalui jejaring sosial, pelaku bisnis dapat mempromosikan produk atau jasa tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, penjual dapat berinteraksi langsung dengan konsumen.

Bebas Biaya Promosi 

Strategi pemasaran melalui media sosial cukup efektif untuk menekan biaya anggaran. Anda hanya perlu memposting konten bisnis dengan cara yang menarik. Misalnya, mempromosikan sebuah baju, Anda bisa langsung memberikan review melalui foto atau video. Melalui cara ini, pelaku usaha UMKM bisa meminimalkan biaya promosi, sehingga pendapatan bisa alokasikan untuk memutar modal atau hal yang lebih penting.

Efektif Menjalin Relasi Dengan Konsumen 

Manfaat media sosial lainnya adalah menjalin hubungan dengan para konsumen. Pelaku bisnis dapat langsung mengetahui apa yang dibutuhkan para konsumennya, baik saat membeli produknya atau memberikan sebuah keluhan yang bisa menjadi bahan evaluasi.

Dapat Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Sosial media sebagai wadah untuk menjangkau lebih banyak konsumen karena hampir semua orang pasti menggunakan jejaring sosial ini. Melalui media sosial, Anda bisa memperluas target pemasaran dengan memanfaatkan fitur lokasi dan hastag. Konsumen akan lebih mudah menemukan produk bisnis Anda. Manfaat tersebut sangat membantu pebisnis kecil tanpa harus mengeluarkan biaya promosi.

Kira-kira, Sosial Media Apa yang Cocok Untuk Bisnis UMKM ?

Biasanya, pelaku bisnis lebih cenderung memanfaatkan Facebook dan Instagram sebagai media promosinya. Kedua aplikasi ini termasuk sosial media paling populer. Hanya bermodal paket data saja, sudah bisa memasarkan puluhan produk atau layanan jasa dari bisnis Anda.

Meski begitu, Facebook dan Instagram memiliki kelebihannya masing-masing. Jika menggunakan aplikasi Facebook, Anda bisa berbagi teks, gambar, video, berbagi link berita, hingga melakukan siaran langsung.

Fitur live streaming sering dimanfaatkan para penjual untuk memperdagangkan produk mereka, sehingga konsumen bisa langsung melihat fisik dari barang tersebut. Anda juga dapat bergabung di grup atau komunitas bisnis, agar produk yang dijual semakin dikenal luas.

Selain menjadi tempat berinteraksi, Sosial media Instagram juga cocok digunakan sebagai wadah promosi usaha UMKM. Melalui Instagram, Anda bisa membagikan foto, video, story, hingga teks. Agar menarik minat konsumen, konten bisnis harus kreatif dan berinovasi. Sebab, pengguna Instagram cenderung didominasi oleh pengguna milenial. Keduanya sebagai aplikasi sosial media populer, sangat cocok dimanfaatkan sebagai sarana mempromosikan usaha UMKM dengan bebas biaya alias gratis.

× How can I help you?