fbpx

Halo sobat cands! Buat kamu yang baru terjun ke dunia digital marketing, pasti bakal ngerasa bingung banget dengan beberapa istilah yang ada di dunia digital marketing. Eitss!! tapi sobat cands gak perlu khawatir lagi nih, karena mincands punya solusinya. Jangan lupa dicatat ya!

Digital Marketing

Pada dasarnya, strategi digital marketing adalah kegiatan pemasaran produk berupa barang atau jasa berbasis digital menggunakan media atau teknologi. Bagi para marketer ataupun pebisnis online baik skala kecil hingga skala besar, penting untuk menerapkan aktivitas pemasaran digital ini, karena sebanyak 167 juta penduduk Indonesia melibatkan media sosial dalam aktivitas sehari-harinya. 

Digital marketing telah menjadi sebuah bidang pemasaran yang dinilai sangat efektif untuk menaikkan angka penjualan merek atau brand suatu produk. Strategi digital marketing memiliki kelebihan yang lebih unggul  daripada  strategi pemasaran konvensional, seperti mampu menjangkau target pasar yang lebih luas, mampu mendongkrak angka penjualan, dan dinilai lebih hemat. Banyak istilah – istilah yang mungkin akan terdengar asing dan tidak paham sama sekali. Nah, agar sobat cands makin paham, yuk kenalan dulu dengan istilah – istilah yang ada di dunia digital marketing!

Baca Dulu : Cara Mendapatkan Ide Konten

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu teknik atau upaya mengoptimasi website yang bertujuan untuk memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website. SEO juga bisa menjadi strategi digital marketing yang efektif dan hemat karena mampu meningkatkan traffic website dan konversi. 

Apa saja jenis – jenis SEO?

  • SEO on Page

SEO on page merupakan optimasi SEO pada halaman depan website dengan memperhatikan permalink, judul konten, struktur konten, gambar konten, hingga elemen SEO yang menyangkut (meta description, tag, dll). Dengan memperhatikan SEO on page pada website mampu mengoptimalkan halaman website untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi dan lebih mudah untuk tampil di penelusuran mesin pencari.

  • Seo off Page

Berbeda dengan SEO on page, jika SEO on page berfokus pada internal dari suatu website, SEO off page berarti lebih berfokus pada eksternal dari suatu website. SEO off page merupakan suatu upaya untuk mengoptimasi SEO di luar website dengan memperhatikan aspek – aspek yang seharusnya ditingkatkan.

  • Technical SEO

Technical SEO merupakan suatu upaya optimasi SEO dari bagian dalam website, dengan memperhatikan aspek berupa kecepatan website, struktur website, XML sitemap. keamanan (SLL), tema yang SEO friendly, layout website, dan navigasi. Dengan menerapkan technical SEO, suatu website akan memiliki struktur yang bagus dan mudah untuk dibaca oleh mesin pencari.

Social Media Marketing (SMM) 

Social Media Marketing (SMM) atau yang kerap dipanggil pemasaran digital dan pemasaran elektronik adalah penggunaan media sosial merupakan sebuah metode untuk memaksimalkan kunjungan di sebuah website dengan memaksimalkan fungsi iklan digital melalui media sosial. SMM melibatkan proses agar audiens tertarik (engaged) dengan konten yang dibuat di media sosial. 

Jenis dan Platform dalam Social Media Marketing

  • Facebook

Facebook merupakan salah satu alat pemasaran media sosial yang cukup efektif. Platform ini mampu menggabungkan fitur – fitur terbaik dari berbagai platform media sosial yang ada dan kemungkinan besar target pasar banyak menggunakan facebook untuk berbagai jenis konten pemasaran, berinteraksi dengan pelanggan, menampilkan iklan, dan menggunakan platform tersebut untuk memberikan dukungan pelanggan.

  • Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengungkapkan pendapatnya dalam 280 karakter. Twitter adalah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan pemikiran dan ide mereka serta menghubungi merek atau selebritas dan membaca berita dan cuplikan informasi.

  • Instagram

Instagram merupakan platform visual berbasis seluler yang memungkinkan untuk berbagi gambar dan video.

  • YouTube

YouTube adalah platform berbagi video online yang memungkinkan untuk melihat, membagikan, dan mengupload konten video.

  • Pinterest

Pinterest merupakan platform visual yang bagus bagi individu dan merek untuk mencari inspirasi upaya artistik dan mempromosikan aktivitas DIY.

Search Engine Marketing (SEM)

Pada dasarnya Search Engine Marketing (SEM) masih sama konsepnya dengan SEO, namun masih memiliki perbedaan dimana tujuan dari SEM sendiri untuk pemasaran (marketing), website dioptimasi dengan iklan agar muncul di halaman pertama mesin pencarian. Strateginya pun berbeda dengan SEO, karena SEM membutuhkan biaya agar website yang diiklankan bisa muncul secara cepat di mesin pencarian. 

Social Media Specialist (SMS)

Social Media Specialist (SMS) adalah seseorang yang bertanggung jawab mengelola konten di berbagai platform media sosial sebuah brand, baik itu perusahaan, organisasi, atau bahkan public figure. Sederhananya, seorang Social Media Specialist memiliki tanggung jawab dan kendali untuk mengurus isi jejaring sosial milik perusahaan, namun pekerjaan seorang Social Media Specialist tidak sesederhana meng-upload foto dan menambahkan caption saja

Chief Executive Officer (CEO)

Seorang Chief Executive Officer (CEO) adalah posisi pimpinan tertinggi di sebuah perusahaan. Seorang CEO memiliki peran yang sangat penting karena ia bertanggung jawab untuk membuat keputusan besar, seperti menerapkan kebijakan dan merencanakan strategi bisnis di masa depan. 

Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi pemasaran yang bekerja sama dengan para influencer untuk melakukan aktivitas promosi, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan penjualan. Influencer marketing termasuk kedalam kategori native ads, yaitu konten berbayar yang bentuk, fungsi, dan kualitas kontennya menarik perhatian dan mengundang audiens untuk mencari tahu lebih banyak. Maka dari itu, influencer marketing menjadi salah satu strategi pemasaran online yang cukup efektif.

Copywriting

Copywriting merupakan sebuah cara dalam menulis konten pemasaran yang dapat membujuk audiens untuk melakukan pembelian atau konsumsi atas produk yang dipasarkan. Tugas dari seorang copywriting sendiri menjadi penghubung antara penjual atau pengiklanan dengan pembelian atau konsumen melalui media tulisan, audio, gambar, video, atau jenis konten lainnya.